• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
  • Bahasa Indonesia
    • English
    • Bahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Program Studi Sarjana Terapan Bahasa Inggris
Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Profil
    • D3 Bahasa Inggris
    • D4 Bahasa Inggris
    • Struktur Organisasi
    • Tenaga Pendidik
    • Kerjasama
  • Akademik
    • Kurikulum D3 Bahasa Inggris
    • Kurikulum D4 Bahasa Inggris
    • Mengapa Bahasa Inggris?
    • Penerimaan
    • Penelitian
    • Pengabdian Masyarakat
    • Kalender Akademik
  • Alumni
    • Tracer Study
  • Galeri
  • Beranda
  • Rilis Berita
  • Manajemen Krisis dan Opini Publik: Apa Pentingnya?

Manajemen Krisis dan Opini Publik: Apa Pentingnya?

  • Rilis Berita
  • 1 Juni 2021, 16.55
  • Oleh: english-sv
  • 0

Krisis dan konflik merupakan hal-hal yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai masyarakat sosial, kita terus belajar untuk menghadapi krisis dan konflik agar menjadi pribadi yang lebih baik. Namun, apakah kalian tahu dampak dari krisis dan konflik pada dunia profesional yang menimpa sebuah institusi atau perusahaan? Bagaimana cara menghadapinya? Apa pentingnya seorang public relations (PR) dalam menjaga nama baik institusi atau perusahaan saat ditempa dengan krisis dan konflik?

Sarjana Terapan Bahasa Inggris SV UGM menawarkan mata kuliah Manajemen Krisis dan Opini Publik. Mata kuliah wajib ini ditawarkan kepada mahasiswa semester 6. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mendalami persoalan melalui studi kasus, selain tentunya konsep-konsep teoritis yang diberikan oleh dosen. Dengan adanya mata kuliah Manajemen Krisis dan Opini Publik, mahasiswa diharapkan dapat menguasai teori dan strategi public relations (PR) terkait. Selain itu mahasiswa juga diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dan strategi public relations (PR) dalam menghadapi permasalahan terkait.

Mata kuliah ini membahas krisis dan opini publik sebagai isu yang sering terjadi dalam dunia PR. Dalam mata kuliah ini, perspektif mahasiswa akan diarahkan sehingga krisis tidak lagi menjadi sesuatu yang menakutkan, melainkan menjadi sesuatu yang justru dapat membawa organisasi ke level yang lebih tinggi. Mata kuliah ini mengkaji hakikat opini publik, pengertian opini publik, proses pembentukan, teori pembentukan opini publik, juga bagaimana opini publik dipengaruhi yang pada akhirnya mampu mempengaruhi kebijakan. Mata kuliah ini juga mengkaji bagaimana opini publik dalam konteks isu-isu “kekinian” (kontemporer).

Penikmat serial Emily in Paris tentunya tidak asing dengan praktik ini. Dalam salah satu episodenya, Emily pernah menggunakan sebuah isu brand mengenai penggunaan kata maskulin yang seharusnya merupakan bagian dari sisi feminin dan memutar-balikannya dengan mempengaruhi opini publik agar selaras dengan keinginannya. Setelahnya, brand yang menjadi klien Emily pun mendapatkan sorotan dari khalayak ramai atas kejadian tersebut.

Bagaimana, menarik bukan? Kasus-kasus seperti ini bisa dipelajari lebih lanjut di Sarjana Terapan Bahasa Inggris SV UGM.

Penulis: Lintang

Gambar: People vector created by rawpixel.com – www.freepik.com

Tinggalkan Komentar Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Rilis Berita

  • 8 Cara Membangun Skill Komunikasi Strategis
  • 6 Tips untuk Para Pemburu Beasiswa
  • Pendidikan: Mata Kuliah “Kehumasan Digital”
  • Perbedaan PR Tradisional dan PR Digital yang Dipelajari di Sarjana Terapan Bahasa Inggris SV UGM
  • Menjadi Mahasiswa Sarjana Terapan Bahasa Inggris SV UGM, Apa Serunya?
Universitas Gadjah Mada

Program Studi Sarjana Terapan Bahasa Inggris

Sekolah Vokasi Gedung SV UGM

Sekip Unit 1, Catur Tunggal, Depok, Sleman

Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Email: english-sv@ugm.ac.id

Telp: (0274) 565298

© 2021 UNIVERSITAS GADJAH MADA

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY