Krisis dan konflik merupakan hal-hal yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai masyarakat sosial, kita terus belajar untuk menghadapi krisis dan konflik agar menjadi pribadi yang lebih baik. Namun, apakah kalian tahu dampak dari krisis dan konflik pada dunia profesional yang menimpa sebuah institusi atau perusahaan? Bagaimana cara menghadapinya? Apa pentingnya seorang public relations (PR) dalam menjaga nama baik institusi atau perusahaan saat ditempa dengan krisis dan konflik?
Sarjana Terapan Bahasa Inggris SV UGM menawarkan mata kuliah Manajemen Krisis dan Opini Publik. Mata kuliah wajib ini ditawarkan kepada mahasiswa semester 6. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mendalami persoalan melalui studi kasus, selain tentunya konsep-konsep teoritis yang diberikan oleh dosen. Dengan adanya mata kuliah Manajemen Krisis dan Opini Publik, mahasiswa diharapkan dapat menguasai teori dan strategi public relations (PR) terkait. Selain itu mahasiswa juga diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip dan strategi public relations (PR) dalam menghadapi permasalahan terkait.
Mata kuliah ini membahas krisis dan opini publik sebagai isu yang sering terjadi dalam dunia PR. Dalam mata kuliah ini, perspektif mahasiswa akan diarahkan sehingga krisis tidak lagi menjadi sesuatu yang menakutkan, melainkan menjadi sesuatu yang justru dapat membawa organisasi ke level yang lebih tinggi. Mata kuliah ini mengkaji hakikat opini publik, pengertian opini publik, proses pembentukan, teori pembentukan opini publik, juga bagaimana opini publik dipengaruhi yang pada akhirnya mampu mempengaruhi kebijakan. Mata kuliah ini juga mengkaji bagaimana opini publik dalam konteks isu-isu “kekinian” (kontemporer).
Penikmat serial Emily in Paris tentunya tidak asing dengan praktik ini. Dalam salah satu episodenya, Emily pernah menggunakan sebuah isu brand mengenai penggunaan kata maskulin yang seharusnya merupakan bagian dari sisi feminin dan memutar-balikannya dengan mempengaruhi opini publik agar selaras dengan keinginannya. Setelahnya, brand yang menjadi klien Emily pun mendapatkan sorotan dari khalayak ramai atas kejadian tersebut.
Bagaimana, menarik bukan? Kasus-kasus seperti ini bisa dipelajari lebih lanjut di Sarjana Terapan Bahasa Inggris SV UGM.
Penulis: Lintang
Gambar: People vector created by rawpixel.com – www.freepik.com